Soal Aktivitas Individu dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 222 (Deskripsikan Peristiwa Pertempuran Surabaya, Pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Medan Area, dan Serangan Umum 1 Maret 1949)

Soal Aktivitas Individu dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 222 (Deskripsikan Peristiwa Pertempuran Surabaya, Pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Medan Area, dan Serangan Umum 1 Maret 1949)


Tulisan ini berisi kunci jawaban atas soal Aktivitas Individu yang ada pada buku IPS Kelas 9 SMP halaman 222. 

Soal IPS pada halaman 222 ini, meminta siswa fokus pada perintah soal ini: “Jelaskan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan upaya tersebut pada kolom berikut.

Untuk lebih detail lihat soal individu yang dimaksud di bawah ini: 

Soal Aktivitas Individu

1. Cermati kembali uraian tentang upaya fisik yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan
2. Jelaskan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan upaya tersebut pada kolom berikut!

  • 1 Peristiwa: Pertempuran Surabaya. Penjelasan: ...
  • 2 Peristiwa: Pertempuran Ambarawa. Penjelasan: ...
  • 3 Peristiwa: Bandung Lautan Api. Penjelasan: ...
  • 4 Peristiwa: Medan Area. Penjelasan: ...
  • 5 Peristiwa: Serangan Umum 1 Maret 1949. Penjelasan: ... 

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 222


1. Pertempuran Surabaya

Pertempuran ini dimulai sejak terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby. Pihak Inggris memberi peringatan bagi pembunuh untuk menyerahkan diri segera dan memberi ultimatum bagi masyarakat yang memiliki senjata harus diserahkan.
Namun, masyarakat tidak mengindahkan ultimatum tersebut sehingga terjadi pertempuran Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

2. Pertempuran Ambarawa

Pertempuran yang melibatkan TKR dengan Belanda dan sekutu ini dimulai saat tentara sekutu membebaskan orang-orang Belanda yang ditahan di Magelang dan Ambarawa. Pasukan sekutu dikalahkan oleh divisi V pimpinan Kolonel Sudirman pada tanggal 15 Desember 1945.

3. Bandung Lautan Api

Seperti namanya, peristiwa ini terjadi antara pemuda Bandung dengan pihak Inggris. Pertempuran ini terjadi karena golongan pemuda Bandung hilang kesabaran setelah Indonesia resmi merdeka sejak 17 Agustus, namun Jepang belum kunjung pergi. Kemudian tentara Indonesia membumihanguskan Bandung dengan tujuan agar Bandung tidak dikuasai kembali oleh sekutu.

4. Medan Area

Pertempuran ini terjadi antara para pemuda Indonesia di Medan dengan sekutu serta NICA. Perlawanan ini dilakukan dengan tujuan untuk merebut gedung pemerintahan yang diambil alih oleh Jepang. Peristiwa ini terjadi pada 13 Oktober 1945.

5. Serangan Umum 1 Maret 1949

Peristiwa ini merupakan serangan yang dilancarkan oleh jajaran tinggi militer Divisi III/GM III dengan tujuan untuk merebut kembali Yogyakarta. Tak hanya itu, serangan umum yang terjadi pada 1 Maret 1945 ini juga dilakukan untuk membuktikan kekuatan TNI dan RI dalam mempertahankan posisi Indonesia dalam perundingan yang berlangsung di PBB.