Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 245 (Deskripsikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer pada kolom berikut!)

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 245 (Deskripsikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer pada kolom berikut!)


Tulisan ini memuat kunci jawaban atas soal yang ada pada buku IPS Kelas 9 SMP halaman 245. Soal tersebut meminta siswa untuk mendeskripsikan beberapa peristiwa yang terjadi pada masa Demokrasi Parlementer.

Soal Aktivitas Individu (IPS Kelas 9 SMP Halaman 245)

1. Pelajari kembali uraian mengenai perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer!
2. Deskripsikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer pada kolom berikut!

1. Peristiwa: Jatuh bangunnya kabinet. Deskripsi: ...
2. Peristiwa: Pemilu 1955. Deskripsi: ...
3. Peristiwa: Gangguan kemanan. Deskripsi: ...
4. Peristiwa: Konferensi Asia Afrika (KAA). Deskripsi: ...

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP Halaman 245

1. Peristiwa Jatuh Bangunnya Kabinet

Deskripsi: Perselisihan antara partai politik yang terjadi pada masa demokrasi parlementer mengakibatkan munculnya mosi tidak percaya oleh masyarakat. Selain itu, terjadi pencabutan dukungan terhadap pemerintahan perdana menteri. Sehingga perdana menteri harus mengembalikan tugasnya ke presiden.

2. Pemilu 1955

Tahun 1955 adalah tahun dilangusngkannya pemilu untuk pertama kali setelah 10 tahun kemerdekaan Indonesia. Pemungutan suara pada pemilu ini dilakukan sebanyak dua kali. Tahap pertama adalah pemilu untuk memilih anggota DPR. Kemudian, tahap kedua adalah pemilu untuk memilih anggota konstituante.

3. Gangguan Keamanan

Ketidakpuasan rakyat terhadap para pemimpin yang hanya memikirkan partainya sendiri memunculkan adanya gangguan keamanan. Terdapat banyak kelompok yang melakukan pemberontakan. Berikut ini beberapa di antaranya:
• Kekecewaan anggota KNIL dan KL terhadap APRIS, contohnya pemberontakan APRA dan Andi Azis.
• Kecemburuan daerah luar Jawa terhadap kemajuan Jawa, contohnya pemberontakan PRRI-Permesta.
• Keinginan untuk melepaskan diri dari NKRI, contohnya pemberontakan RMS.

4. Konferensi Asia Afrika

KAA adalah sebuah konferensi yang diadakan antara negara-negara Asia dan Afrika yang pada saat itu kebanyakan negara-negara tersebut baru saja memperoleh kemerdekaan.
Tujuan dari konferensi tersebut adalah untuk menggalang persatuan dan kesatuan negara-negara di Asia dan Afrika demi tercapainya keselamatan dan kedamaian dunia.