Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 168 (Aktivitas Kelompok: Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 168 (Aktivitas Kelompok: Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?


Baca dengan cermat soal dan jawaban kunci IPS kelas 9 halaman 168 ini, gunakan informasi hanya sebagai referensi atau untuk perbandingan dengan jawaban yang akan kamu buat.

Soal Aktivitas Kelompok Mapel IPS Kelas 9 Halaman 168: 

Aktivitas Kelompok
1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok
2. Materi diskusi masing-masing kelompok antara lain:
a. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?
b. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seseorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?
c. Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?
d. Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 168: 

Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

Untuk mendapatkkan penerimaan dari masyarakat terhadap produknya, seorang pengusaha memerlukan hal-hal berikut ini:
  • a. Kemampuan kreatif dalam berpikir perlu dimiliki oleh seorang pengusaha.
  • b. Stabilitas harga produknya menjadi faktor penting, seiring dengan kualitas barang yang ditawarkan.
  • c. Produk yang dihasilkan harus memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk sejenis yang sudah ada di pasaran, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadapnya.

Mana yang lebih dibutuhkan oleh seseorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?

Tanpa modal, usaha tidak dapat dimulai. Namun, kreativitas juga memiliki peranan yang tak kalah penting dalam membuka usaha. Kreativitas membutuhkan kemampuan untuk berpikir secara inovatif dan melihat peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?

Keterkaitan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif dapat dijelaskan sebagai suatu hubungan yang erat dimana ekonomi kreatif tumbuh dan berkembang melalui kontribusi serta implementasi ide-ide yang inovatif dan kreatif dalam aktivitas yang dilakukan oleh industri kreatif. Industri kreatif menjadi landasan utama bagi pertumbuhan ekonomi kreatif karena mampu menciptakan produk-produk atau layanan-layanan yang memiliki nilai tambah tinggi, baik dalam hal estetika, kreativitas, maupun nilai fungsionalnya.

Dengan kata lain, ekonomi kreatif yang berfokus pada peningkatan nilai tambah dari segi kreativitas, keunikan, dan inovasi, dapat mengambil manfaat dari kontribusi industri kreatif dalam menghasilkan berbagai produk dan layanan yang memanfaatkan ide-ide kreatif. Industri kreatif, seperti seni, desain, mode, film, musik, dan sebagainya, merupakan ladang subur bagi munculnya ide-ide baru dan inovatif yang menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Dalam konteks ini, ide-ide yang dihasilkan oleh industri kreatif tidak hanya menciptakan nilai tambah ekonomis melalui penjualan produk dan layanan, tetapi juga dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan sektor ekonomi lainnya. Misalnya, pengembangan sebuah film yang sukses tidak hanya menghasilkan pendapatan langsung dari penjualan tiket bioskop, tetapi juga dapat menciptakan industri pariwisata yang berkembang di sekitar lokasi syuting, serta memunculkan berbagai produk turunan seperti merchandise, buku, atau permainan video.

Oleh karena itu, hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif dapat dipandang sebagai saling menguntungkan, dimana industri kreatif menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi ekonomi kreatif, sementara ekonomi kreatif memberikan dukungan dan sarana bagi pertumbuhan dan eksistensi industri kreatif.

Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?

Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?
1. Meningkatkan hasil inovasi ke masyarakat lokal atau dunia dengan menghasilkan produk-produk yang unik dan berdaya saing tinggi, yang dapat menarik minat konsumen baik di dalam maupun di luar negeri.
2. Meningkatkan jangkauan dan efektivitas pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital dan platform online untuk mencapai pasar-pasar baru secara lebih efisien, serta dengan mengadopsi strategi pemasaran yang lebih cerdas dan kreatif.
3. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berdasarkan budaya, dengan memberikan dukungan dan bantuan kepada para pelaku industri kreatif untuk mengembangkan produk-produk yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pasar internasional.
4. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif, seperti hak kekayaan intelektual yang kuat dan jelas, serta kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri kreatif secara berkelanjutan. Dengan demikian, hal ini dapat mendorong para pelaku industri kreatif untuk lebih berinovasi dan berkarya tanpa khawatir akan plagiarisme atau pencurian karya.